• Informasi : Nomor telepon KKI yang dapat dihubungi adalah 021-31923198. Untuk informasi STR tekan 2, informasi Adaptasi dan Alih Iptek tekan 3, informasi Certificate of Good Standing (CoG) tekan 4, informasi pengaduan dugaan pelanggaran disiplin kedokteran tekan 5, dan untuk operator tekan 0. Informasi terkait STR dokter dan dokter gigi dapat menghubungi nomor whatsapp di 0811 1310 2211 & 0811 1310 2210. Pegawai Sekretariat KKI tidak menerima pemberian gratifikasi berupa apapun - Informasi : Proses STR paling lama 14 (empat belas ) hari kerja sejak berkas disetujui. Terima Kasih. •
 

Sosialisasi Penegakan Disiplin Profesi Dokter/Dokter Gigi Bagi Komite Medik Rumah Sakit

08 Juni 2016 14:07:59


Sosialisasi Penegakan Disiplin Profesi Dokter/Dokter Gigi Bagi Komite Medik Rumah Sakit

Untuk memperoleh persamaan dan pemahaman persepsi tentang batas kewenangan norma etik, norma disiplin dan norma hukum yang mengacu pada Undang-Undang Praktik Kedokteran (UUPK) dan Peraturan Konsil Kedokteran Indonesia (Perkonsil) terkait dengan Penegakan Disiplin Dokter/Dokter Gigi, maka Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) mengadakan Sosialisasi Penegakan Disiplin Profesi Dokter/Dokter Gigi Bagi Komite Medik Rumah Sakit pada tanggal 22 – 24 Mei 2016 di Hotel Santika Premier Kota Harapan Indah Bekasi.

Acara dibuka dengan laporan dari R. Bimo Satrio, R, SH, M.Kes, MH (Kepala Bagian Pelayanan Hukum Sekretariat KKI) selaku Ketua Panitia. Dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua KKI, Prof. Dr. dr. Bambang Supriyatno, Sp.A (K), sekaligus menjelaskan tentang tugas KKI sebagai Lembaga Negara berdasarkan UUPK No. 29 Tahun 2014.

Sesi paparan pertama diisi oleh Prof. Dr. dr. Herkutanto, Sp.F (K), SH, LLM, FACLM (Ketua Konsil Kedokteran) yang memaparkan tentang Implementasi Good Clinical Governance di Rumah Sakit Menuju Profesionalisme Dokter dan Dokter Gigi dalam Pemahaman Disiplin Profesi (Norma Etik, Disiplin dan Hukum). Paparan selanjutnya disampaikan oleh Prof. drg. Armasastra Bahar, Ph.D (Ketua Konsil Kedokteran Gigi) yang menyampaikan tentang Perkonsil terkait Penegakan Disiplin Profesi Dokter dan Dokter Gigi sebagai Bagian Peranan Komite Medik Rumah Sakit.

Sesi kedua diisi oleh Dr. dr. Meliana Zailani, MARS (Ketua Divisi Pembinaan Konsil Kedokteran) yang memaparkan tentang Kewenangan Klinis : Standar Kompetensi dan Perkonsil No. 9 Tahun 2012, dan Dr. drg. Zaura Anggraeni, MDS (Ketua Divisi Pembinaan Konsil Kedokteran Gigi) yang menyampaikan tentang Tata Laksana Pengelolaan Kasus Pelanggaran Disiplin Kedokteran.

Sesi ketiga diisi oleh Dr. dr. Prijo Sidipratomo, Sp.Rad (K) selaku Ketua Majelis Kode Etik Kedokteran (MKEK) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang memaparkan tentang Komite Medik dalam Realita. Selanjutnya dr. R. Koesmedi Priharto, Sp.OT selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menyampaikan tentang Fungsi Komite Medis dalam Pengawalan Kewenangan Klinis dan Disiplin Profesi.

Tujuan dibentuknya KKI adalah untuk melindungi masyarakat, meningkatkan mutu pelayanan medis, dan memberikan kepastian hukum bagi pasien atau masyarakat dan dokter/dokter gigi. Melalui acara tersebut, KKI bermaksud menyamakan pemahaman tentang Good Clinical Governance (GCG). GCG dapat diimplementasikan berdasarkan pemberian kewenangan atau clinical privilege serta pencabutannya yang dilakukan secara benar dan tegas atas rekomendasi dari Komite Medik. Kendali yang terdeteksi dalam pemberian clinical privilege adalah pada aspek credential yang terkait pada tumpang tindih kompetensi, keterampilan, kesehatan atau surat keterangan sehat fisik, mental, serta usia. GCG harus diselenggarakan di RS melalui Kerjasama KKI dengan Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI).

Untuk itu, tindak lanjut yang diharapkan adalah KKI bersama PERSI membentuk Tim untuk mewujudkan e-Clinical Governance di RS, KKI menyiapkan Pangkalan Data dan Perkonsil yang mendukung e-Clinical Governance di RS, dan PERSI bersama Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dan Badan Pengawas Rumah Sakit (BPRS) membina dan melakukan advokasi terhadap Komite Medik RS agar tercipta GCG.

Dibaca : 7662 kali | Sumber : Humas KKI | File :

Share |

Berita Lainnya

08 April 2020 00:00:00
08 April 2020 00:00:00
02 April 2020 00:00:00
02 April 2020 00:00:00