• Informasi : Nomor telepon KKI yang dapat dihubungi adalah 021-31923191 dan 021-31923193. Untuk informasi STR tekan 2, informasi Adaptasi dan Alih Iptek tekan 3, informasi Certificate of Good Standing (CoG) tekan 4, informasi pengaduan dugaan pelanggaran disiplin kedokteran tekan 5, dan untuk operator tekan 0. Informasi terkait STR dokter dan dokter gigi dapat menghubungi nomor whatsapp di 0811 1310 2211 & 0811 1310 2210. Pegawai Sekretariat KKI tidak menerima pemberian gratifikasi berupa apapun - Informasi : Proses STR paling lama 14 (empat belas ) hari kerja sejak berkas disetujui. •
    + Peta Situs   + Kontak   + Bahasa   Indonesia   English
 
Home » INFORMASI » Berita
 

Talk Show KKI di Radio Trijaya

12 September 2018 00:00:00


Talk Show KKI di Radio Trijaya

Dalam rangka meningkatkan penyebarluasan informasi tentang kebijakan dan program Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), dilaksanakan kegiatan talk show KKI di Radio Trijaya pada hari Senin (3/9) jam 09.00 – 10.00 WIB. Narasumber talk show yaitu Prof. Dr. Ir. Satryo Soemantri Brodjonegoro (Wakil Ketua II Konsil Kedokteran Indonesia) dan drg. Astuty, MARS (Anggota Divisi Registrasi Konsil Kedokteran Gigi).

Topik talk show yaitu registrasi dokter sebagai pengawalan profesionalisme serta kemitraan dokter dan pasien. Prof. Satryo menjelaskan tentang apa itu KKI dan kenapa KKI dibentuk. “Perlu ada pengaturan terhadap penyelenggaraan praktik kedokteran”, ungkap Prof. Satryo. Pengaturan dilakukan untuk melindungi pasien, meningkatkan mutu pelayanan medis serta memberikan kepastian hukum bagi dokter, dokter gigi dan masyarakat.

Pengawalan profesionalisme dokter dan dokter gigi dilakukan melalui Surat Tanda Registrasi (STR). “KKI menerbitkan STR sebagai bukti bahwa dokter tersebut terdaftar di Indonesia dan sudah memiliki kompetensi yang sesuai untuk melakukan praktik kedokteran”. Hal tersebut disampaikan oleh drg. Astuty pada saat menjelaskan tentang kewajiban dokter dan dokter gigi untuk memiliki STR. STR adalah pengakuan Negara terhadap kewenangan dokter dan dokter gigi yang akan praktik di Indonesia, bukan sekedar proses administrasi. Dokter dan dokter gigi dapat mengajukan STR secara online melalui website KKI di www.kki.go.id.

 

Pada kesempatan yang sama, Prof. Satryo menyampaikan tentang hak dan kewajiban dokter serta hak dan kewajiban pasien sesuai dengan Undang-Undang Praktik Kedokteran No. 29 Tahun 2004. Hak dokter antara lain memperoleh perlindungan hukum sepanjang melaksanakan tugas sesuai dengan standar profesi dan SOP, sedangkan hak pasien antara lain untuk mendapatkan penjelasan secara lengkap tentang tindakan medis, meminta pendapat dokter/dokter gigi lain, dan mendapatkan pelayanan sesuai kebutuhan medis. Kewajiban pasien antara lain memberikan informasi yang lengkap dan jujur tentang masalah kesehatannya serta mematuhi nasihat dan petunjuk dokter, sedangkan kewajiban dokter antara lain yaitu memberikan pelayanan medis sesuai dengan standar profesi dan SOP, merahasiakan segala sesuatu yang diketahuinya tentang pasien serta melakukan pertolongan darurat atas dasar kemanusiaan.

Diakhir sesi talk show, narasumber menyampaikan harapannya yaitu KKI dapat memelihara dan meningkatkan profesionalisme dokter dan dokter gigi melalui upaya registrasi, pembinaan dan penegakan disiplin profesi dalam rangka melindungi masyarakat.

Dibaca : 640 kali | Sumber : Humas KKI | File :

Share |

Berita Lainnya
21 September 2018 00:00:00

Informasi Aplikasi SIMPONI

18 September 2018 00:00:00

Talk Show KKI di RRI Pro 1 Ternate

 1 2 3 >  Last ›


 



KONSIL KEDOKTERAN INDONESIA
Jl. Teuku Cik Ditiro No 6 Gondangdia, Menteng, Jak.Pusat 10350
Telpon : 021-31923193 Fax 021-31923186