• Informasi : Nomor telepon KKI yang dapat dihubungi adalah 021-31923191 dan 021-31923193. Untuk informasi STR tekan 2, informasi Adaptasi dan Alih Iptek tekan 3, informasi Certificate of Good Standing (CoG) tekan 4, informasi pengaduan dugaan pelanggaran disiplin kedokteran tekan 5, dan untuk operator tekan 0. Informasi terkait STR dokter dan dokter gigi dapat menghubungi nomor whatsapp di 0811 1310 2211 & 0811 1310 2210. Pegawai Sekretariat KKI tidak menerima pemberian gratifikasi berupa apapun - Informasi : Proses STR paling lama 14 (empat belas ) hari kerja sejak berkas disetujui. •
    + Peta Situs   + Kontak   + Bahasa   Indonesia   English
 
Home » INFORMASI » Berita
 

Monev Implementasi Registrasi Dokter dan Dokter Gigi di Cirebon

07 September 2018 00:00:00


Monev Implementasi Registrasi Dokter dan Dokter Gigi di Cirebon

Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) mengadakan pertemuan dalam rangka kegiatan monitoring dan evaluasi implementasi registrasi dokter/dokter gigi di wilayah Kabupaten dan Kota Cirebon. Pertemuan dilaksanakan pada hari Jumat (31/8) di Kantor Dinas Kesehatan Kota Cirebon jalan Kesambi Raya, Kota Cirebon. Hadir dalam pertemuan tersebut perwakilan dari IDI, PDGI, dokter/dokter Gigi Puskesmas serta direktur rumah sakit. Pertemuan dipimpin oleh Prof. drg. Heriandi Sutadi, Sp.KGA (K), Ph.D selaku Ketua Divisi Registrasi Konsil Kedokteran Gigi.

Acara diawali dengan sambutan dr. H. Edi Sudianto, M. Kes selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon. Dilanjutkan dengan paparan tentang sistem pengelolaan data registrasi dan informasi dokter dan dokter gigi secara online oleh Prof. drg. Heriandi Sutadi, Sp.KGA (K).  Dalam rangka “patient safety” dan memberikan kepastian hukum/penjaminan legalitas praktik kedokteran, dokter dan dokter gigi “wajib teregistrasi sesuai kompetensi” di KKI. Proses registrasi online yang dilakukan oleh dokter/dokter gigi di KKI, tidak terlepas dari peran registrasi di organisasi profesi untuk mendapatkan sertifikat kompetensi. Sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan registrasi STR, KKI maupun organisasi profesi membangun aplikasi online dengan interoperabilitas. Interoperabilitas (integrasi data) merupakan dua sistem atau lebih untuk bertukar informasi  dan untuk menggunakan informasi yang telah dipertukarkan.  Dengan interoperabilitas antara KKI dengan organisasi profesi diharapkan mampu meningkatkan efisiensi dalam pengurusan STR dokter/dokter gigi, keamanan serta akurasi data.

Topik paparan tentang pengembangan aplikasi registrasi online terintegrasi dengan aplikasi Simponi alur disampaikan oleh drg. Astuty, MARS. Simponi adalah Sistem Informasi PNBP Online (SIMPONI), yang merupakan sistem billing yang dikelola oleh DJA (Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan) untuk memfasilitasi pembayaran/penyetoran PNBP dan penerimaan non anggaran. SIMPONI memberi kemudahan bagi Wajib Bayar/Wajib Setor untuk membayar/menyetor PNBP dan penerimaan non anggaran melalui berbagai channel pembayaran seperti teller (Over The Counter), ATM (Automatic Teller Machine), EDC (Electronic Data Capture), maupun internet banking.  Pembayaran dapat dilakukan pada 83 bank. Dengan demikian, dokter dan dokter gigi bebas memilih berbagai alternatif metode pembayaran yang sesuai dengan kebutuhannya.

Pertemuan diharapkan dapat meningkatkan koordinasi antara KKI dan stakeholder dalam proses registrasi dokter/dokter gigi

Dibaca : 449 kali | Sumber : Humas KKI | File :

Share |

Berita Terkait


Berita Lainnya
21 September 2018 00:00:00

Informasi Aplikasi SIMPONI

18 September 2018 00:00:00

Talk Show KKI di RRI Pro 1 Ternate

 1 2 3 >  Last ›


 



KONSIL KEDOKTERAN INDONESIA
Jl. Teuku Cik Ditiro No 6 Gondangdia, Menteng, Jak.Pusat 10350
Telpon : 021-31923193 Fax 021-31923186