• Kepada yang terhormat para stakeholder KKI dan peserta Sosialisasi KKI di Medan, 31 Juli - 2 Agustus 2017, kami sampaikan bahwa bahan dan materi dapat diunduh dengan masuk ke menu informasi lalu memilih E-Book. Terima Kasih. •
    + Peta Situs   + Kontak   + Bahasa   Indonesia   English
 
Home » INFORMASI » Berita
 

Konsil Kedokteran Indonesia Luncurkan Pengembangan Sistem Aplikasi Pelayanan STR dan CoG yang Terintegrasi dengan Aplikasi Simponi

21 Agustus 2017 00:00:00


Konsil Kedokteran Indonesia Luncurkan Pengembangan Sistem Aplikasi Pelayanan STR dan CoG yang Terintegrasi dengan Aplikasi Simponi

Untuk mewujudkan harapan masyarakat terhadap transparansi penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih, terutama terkait penerbitan Surat Tanda Registrasi (STR) dan Sertifikat Kelaikan Praktik Kedokteran (Certificate of Good Standing), Konsil Kedokteran Indonesia mengimplementasikan pengembangan Sistem Aplikasi Pelayanan STR dan CoG yang terintegrasi dengan Sistem Pembayaran Online (Simponi) bagi dokter dan dokter gigi di Indonesia.

 

Grand Launching pengembangan Sistem Pembayaran Aplikasi Elektronik Simponi digelar pada hari Senin (21/8), bertempat di Ruang Rapat Pleno Lantai 4 Gedung Konsil Kedokteran Indonesia, dengan mengundang stakeholder terkait yaitu Kementerian Keuangan, Kementerian Kesehatan, PB IDI, PB PDGI, dan Kolegium.

 

Ketua KKI, Prof. Dr. dr. Bambang Supriyatno, Sp.A (K) menyampaikan berbagai manfaat penggunaan Aplikasi Simfoni yaitu antara lain dapat mempermudah dan menyederhanakan proses pengisian data dalam pembayaran dan penyetoran STR atau CoG; menghindari atau meminimalisir kemungkinan terjadinya human error dalam perekaman data pembayaran dan penyetoran STR atau CoG; memberikan kemudahan dan fleksibilitas melalui beberapa alternatif saluran pembayaran dan penyetoran STR atau CoG; serta memberikan akses kepada dokter/dokter gigi untuk memonitor status atau realisasi pembayaran dan penyetoran STR atau CoG.

 

Sehubungan dengan sistem pembayaran STR dan CoG dengan metode e-Payment maka :

1.      Tata cara pembayaran STR dan CoG dokter / dokter gigi

a.       Mulai tanggal 21 Agustus 2017, pembayaran STR atau CoG dilakukan dengan menggunakan Aplikasi Simponi.

b.      Pembayaran tersebut dilakukan setelah dokumen persyaratan STR atau CoG diterima oleh KKI secara lengkap sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

c.       Proses penerbitan STR atau CoG selanjutnya dilakukan dengan aplikasi Simponi yang menggunakan Sistem Kode Bayar (billing).

d.      Kode Bayar (billing) dapat diterima oleh yang bersangkutan melalui Short Message Service (SMS) atau e-mail.

e.       Dokter/dokter gigi yang bersangkutan, untuk segera melakukan pembayaran sejumlah nominal yang tertulis dalam kode bayar (billing) melalui rekening bank (83 bank dan 1 kantor pos) dan langsung masuk ke kas negara.

f.       Interoperabilitas KKI dengan IDI, PDGI dan pangkalan data perguruan tinggi (Kemenristekdikti).

 

2.      Dalam masa transisi tata cara pembayaran STR atau CoG yang sudah melakukan transfer pembayaran melalui Nomor Rekening 93.20.5556 maka untuk penerbitan STR atau CoG akan tetap diproses sampai dengan 6 (enam) bulan sebelumnya.

Terhitung mulai tanggal 21 Agustus 2017 pembayaran STR atau CoG melalui Nomor Rekening 93.20.5556 ditutup.

Dibaca : 3784 kali | Sumber : Humas KKI | File :

Share |

Berita Lainnya
 < 1 2 3 4 5 >  Last ›


 



KONSIL KEDOKTERAN INDONESIA
Jl. Teuku Cik Ditiro No 6 Gondangdia, Menteng, Jak.Pusat 10350
Telpon : 021-31923181, 021-31923191 Fax 021-31923186
Email : inamc@kki.go.id